4 Keunikan Gajah, Nomor 3 Bikin Geleng-geleng

Fakta Unik – Gajah merupakan salah satu hewan yang berbadan besar yang selain memiliki gading, juga memiliki keunikan yang luar biasa.

Hingga saat ini populasi dari gajah kian menurun karena disebabkan beberapa faktor alam maupun ulah manusia.

Berbicara mengenai gajah tentunya terdapat beberapa hal unik yang bisa dibahas. Dan berikut ini terdapat fakta-fakta keunikan gajah yang bisa Anda ketahui.

Gajah Tidur Selama 4 Jam

Jika seseorang manusia harus membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk tidur, namun seekor gajah hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja untuk beristirahat.

Berbeda dengan hewan lainnya, gajah tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk tidur. Gajah hanya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam saja setiap hari. Gajah merupakan hewan yang aktif dan jarang untuk tidur atau beristirahat.

Gajah di pagi hari memiliki kesibukan untuk mencari makan dan melakukan aktivitas lainnya. Namun menjelang malam hari seekor gajah juga tidak beristirahat untuk mencari makan yang ada di lingkungan sekitar.

Gajah yang tidur di waktu malam hanya membutuhkan waktu 4 jam saja, dan hal itu telah mengembalikan energi serta kekuatannya untuk kembali menjalankan aktivitas lain.

Waktu Terbuang untuk Makan

Jika dilihat dari ukuran serta besar dari tubuh gajah, memang dapat diprediksi bahwa hewan ini mempunyai asupan makanan yang tinggi dibandingkan hewan-hewan yang lain. Dan benar saja gajah membuang waktunya setiap hari untuk bisa mencari makan.

Seekor gajah dari Afrika memiliki ukuran berat badan sekitar 5000-7000 kg karena memiliki sifat untuk selalu mencari makan.

Bahkan gajah sendiri harus membutuhkan asupan makanan yang cukup setiap harinya atau gajah tersebut tidak akan beristirahat pada waktu malam hari.

Jika ditotal, setiap harinya gajah menghabiskan waktu sekitar 16 jam untuk makan dan mencari makan di lingkungan sekitar. Hal ini tentunya menjadi salah satu fakta unik gajah yang menarik untuk diketahui.

Gajah Betina Memimpin Keluarga

Tentunya Anda telah mengetahui bahwa sebuah keluarga harus dipimpin dan dijalankan oleh seorang kepala keluarga yaitu laki-laki. Namun hal ini sangat berbeda dari keluarga gajah, di mana seekor betina yang harus memimpin keluarganya setiap hari.

Tentunya, pemilihan kepala keluarga ini harus benar-benar dilakukan dengan baik, karena gajah betina yang berusia tua memiliki kewajiban memimpin.

Hal ini dikarenakan gajah betina yang berusia tua memiliki wawasan serta dapat berpengaruh pada keluarga yang lain.

Bahkan Anda tidak akan pernah melihat gajah jantan pada keluarga, dikarenakan gajah jantan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk berpisah dari kelompok ataupun keluarga. Hal ini sudah menjadi hal yang wajar karena gajah jantan memiliki prinsip sendiri.

Gajah Hidup Berkelompok

Setiap hewan tentunya memiliki ciri khas serta karakteristik yang berbeda-beda termasuk pada gajah. Gajah merupakan salah satu hewan yang hidup berkelompok.

Mereka melakukan itu agar nantinya lebih mudah untuk mencari makan. Selain itu dapat saling melindungi jika terjadi serangan dari musuh yang tidak diinginkan sehingga dapat bertahan hidup lebih mudah.

Jadi tidak mengherankan jika Anda melihat sekumpulan gajah yang hidup berkelompok dalam satu kawasan. Namun pastinya Anda juga pernah melihat gajah yang hidup sendiri di alam bebas, biasanya gajah ini tersesat atau gajah itu jantan dan sudah memisahkan diri dari kelompoknya.

Menarik bukan beberapa hal mengenai keunikan gajah yang sudah dibahas di atas? Selain gajah pastinya masih banyak berbagai jenis hewan lain yang memiliki keunikan tersendiri dan Anda bisa menelusurinya satu persatu website ini.

You might also like