5 Fakta Unik Dunia Sains. Anda Mungkin Belum Tahu!

FAKTA UNIK – Sains mungkin menjadi salah satu mata pelajaran yang sampai SMA masih dipelajari. Namun, ada beberapa fakta unik dunia sains yang tidak diajarkan saat di sekolah. Jangan sampai salah, ulasan di bawah adalah fakta unik dunia sains yang perlu Anda ketahui.

palent penghasil berlianPlanet Lain Memiliki Kesempatan untuk Menjadi Penghasil Berlian

Saat membaca judul di atas, pasti tampak seperti sebuah kebohongan. Padahal, itu adalah hal yang nyata! Hujan berlian benar-benar bisa terjadi di planet lain karena sebuah studi menunjukkan bahwa planet seperti Jupiter dan Saturnus bisa menghasilkan berlian.

Walau untuk membentuk berlian ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, tapi menurut peneliti Baines, setidaknya 1.000 ton berlian dihasilkan oleh planet saturnus per tahunnya! Tampak menggiurkan untuk bisa menambang di sana, tapi nyatanya berlian-berlian itu berada sangat jauh di dalam inti bumi sehingga sangat panas untuk bisa digali oleh manusia.

air panas vs air dinginFakta Air Panas yang Lebih Cepat Membeku Dibandingkan Air Dingin

Coba Anda pikirkan, jika ada air panas dan air dingin yang akan dibekukan, mana yang akan lebih dulu membeku? Nyatanya, bukan air dingin lho! Hal ini karena adanya peruabahan pada struktur kristalnya yang siapa sangka, air panas justru mudah dibentuk dengan air panas.

Walau begitu, teori ini nyatanya menjadi kontroversi dan tidak bisa diterima oleh mereka yang masih memegang teguh pada akal.

Bersalaman Menularkan Lebih Banyak Kuman Daripada Ciuman

Fakta unik dunia sains yang berikutnya adalah, salaman memindahkan lebih banyak kuman daripada berciuman. Memang, saat berciuman adanya pertukaran bakteri yang bisa membuat datangnya berbagai penyakit. Namun fakta membuktikan bahwa berjabat tangan, justru lebih banyak lagi menghantarkan kuman!

Dilansir dari dailymail.co.uk, kebiasaan berjabat tangan atau berpegangan tangan dengan seseorang justru mulai harus diminimalisir. Hal ini karena tidak ada yang diketahui apa yang baru dipegang seseorang, virus apa yang ada pada tangannya, dan bakteri apa yang menempel di sana. Selain itu, berciuman justru memiliki beberapa hal positif dan salah satunya adalah menyehatkan bagi mereka yang melakukannya.

Berapa usia alam semestaUsia Alam Semesta

Menarik jika membahas mengenai keadaan alam semesta yang ini. Berdasarkan radiometrik meteorit, usia Bumi lebih dari 4,54  miliar tahun. Sudah teramat tua dan rapuh ‘kan? Nah, lalu berapa usia alam semesta ini? Yaitu lebih dari 13,82 miliar tahun.

Maka dari itu, sebagai penghuni alam semesta, sebaiknya manusia tahu diri untuk tidak merusak dan mempergunakan kekayaan alam secara berlebihan. Walau menurut penelitian University of East Anglia, Inggris, Bumi masih bisa menampung manusia sampai 1,75 miliar tahun kemudian, ada syarat yaitu tidak adanya bencana alam dahsyat seperti nuklir, hantaman asteroid, dan bencana besar lain.

kekuatan rambutKekuatan Dahsyat Rambut Manusia

Tahu kah Anda bahwa rambut manusia itu sangat lah unik? Tidak hanya jumlahnya yang sangat banyak yaitu berkisar 100 sampai 150 ribu helai, tapi juga sangat kuat. Gabungan 15 ribu helai rambut manusia saja, bisa mengangkat beban yang beratnya mencapai 12 ton!

Diperkirakan satu helai rambut manusia memiliki berat 100 gram dan struktur yang ada pada rambut memiliki kesamaan dengan bahan yang ada pada cula.

Bagaimana, sangat menarik bukan mengetahui fakta unik dunia sains di atas? Memang, alam dan dunia, bahkan tubuh manusia sendiri sangat beragam sehingga ada banyak rahasia yang akan selalu ada dan baru. Jadi, jangan lelah untuk belajar ya!

You might also like