5 Fakta Unik Jepang dan Orang Jepang

Fakta Unik – Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan bunga sakura dan matahari terbitnya. Negara ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik karena menyuguhkan banyak tempat wisata.

Bukan hanya tempat wisata saja, nyatanya Jepang juga mempunyai banyak keunikan yang harus diketahui.

Berikut fakta unik Jepang yang kebanyakan orang belum mengetahuinya:

Mempunyai Pasar Ikan Terbesar di Dunia

Jepang adalah negara dengan pasar ikan terbesar di dunia. Pasar tersebut berada di Tsukji, Tokyo. Setiap harinya, Anda akan menemukan ikan yang sangat melimpah. Setidaknya ada 2 ribu ton ikan yang bisa ditemui disini. Tentu jumlah yang sangat melimpah dibanding di Indonesia yang tidak mencapai sebanyak itu.

Salah satu ikan yang paling banyak dicari di Jepang adalah ikan tuna. Ikan ini memang salah satu ikan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Di pasar ini juga, ada tuna biru yang terjual dengan harga 1,62 milyar rupiah. Harga yang sangat tinggi bukan? Belum lagi jenis ikan lain yang harganya juga sangat fantastik.

Aturan Naik Eskalator yang Cukup Unik

Fakta lain seputar Jepang yang sangat unik adalah cara naik eskalator yang bisa dikatakan sangat unik. Kegiatan ini memang tradisi bagi masyarakat Jepang. Saat naik eskalator, kebanyakan masyarakat akan berada di sebelah kiri.

Hal tersebut bertujuan agar orang yang sedang terburu-buru bisa mengambil eskalator bagian kanan. Aturan seperti ini memang tidak tertulis. Hanya saja kebanyakan masyarakat memang sangat patuh dengan aturan tersebut.

Orang Jepang Pandai Berhemat

Jepang adalah salah satu negara dengan pendapatan perkapita yang sangat tinggi. Meskipun masyarakat Jepang mempunyai pendapatan perkapita yang sangat tinggi. Nyatanya, masyarakat Jepang mengutamakan budaya hemat sebagai gaya hidup yang mereka miliki. Wajar jika masyarakat Jepang terkesan sangat sederhana setiap harinya.

Salah satu bukti dan merupakan salah satu fakta unik Jepang, adalah kebanyakan masyarakat akan mengunjungi supermarket saat akan tutup. Ini dilakukan karena pihak supermarket biasanya memberi diskon besar pada saat itu. Ini yang membuktikan bahwa masyarakat Jepang benar-benar hemat.

Orang Jepang Terkenal Sangat Ramah

Saat Anda berkunjung ke Jepang dan ingin pergi ke toko untuk membeli keperluan, jangan kaget atau heran jika akan disambut dengan kata irasshaimase. Artnya, selamat datang. Jepang juga terkenal dengan masyarakat yang selalu tersenyum kepada siapapun.

Ada kebiasaan yang cukup unik yang bisa Anda temui disini. kebanyakan masyarakat Jepang akan memberi barang kepada orang lain menggunakan kedua tangan. Ini disebut sebagai tanda penghormatan kepada orang yang bersangkutan.

Gaya Makan Orang Jepang yang Unik

Jepang mempunyai tradisi yang sangat unik. Khususnya ketika sudah berada di meja makan. Hal ini unik, karena sangat berbeda dengan di Indonesia.

Misal, masyarakat Jepang tidak akan makan memakai mangkok dan mengangkat mangkok tersebut sampai mendekati mulut. Hal ini mereka sebut sebagai makan mirip hewan.

Saat makan Sushi atau makanan lain, mereka akan mencelupkannya ke saus untuk bagian nasinya terlebih dahulu. Berikutnya akan menyeruput kuat hingga kedengaran slurp. Ini tanda jika makanan tersebut sangat enak dan pujian untuk makanan tersebut.

Setiap negara pasti memiliki keunikan berbeda. Keunikan ini kerap menjadi daya tarik masyarakat luar untuk belajar atau mengunjungi negara tersebut ketika berlibur atau ada waktu senggang. Semoga informasi mengenai fakta unik Jepang ini bermanfaat buat Anda.

You might also like