Ragam Keunikan Bahasa Inggris yang Jarang Disadari Ahli Bahasa Sekalipun

Fakta Unik – Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang mungkin sejak Anda duduk di bangku sekolah dasar, sudah diajarkan oleh guru atau orang tua.

Bahasa inggris menjadi bahasa internasional utama dibanding bahasa lainnya, yang sering menjadi jembatan untuk berkomunikasi dengan orang dari luar negeri.

Kalau mimin sih, sejak kecil tak suka bahasa Inggris. Bukan karena Bahasa Inggris memiliki keunikan, tapi entah, jika belajar pelajaran satu ini, kepala langsung puyeng.

Berikut 8 keunikan bahasa inggris yang jarang disadari ahli bahasa sekalipun:

Memiliki Kata Terpanjang yang Sulit

Coba diingat lagi, apa kata terpanjang yang pernah Anda ketahui? Menurut ahli bahasa, kata terpanjang bahasa di dunia ada dalam bahasa Inggris.

Ada yang mengatakan, kata terpanjang itu adalah “Supercalifragilisticexpialidocious”. Benarkah?

Kata ini dulunya dianggap kata terpanjang. Tapi ternyata, bukan. Supercalifragilisticexpialidocious yang memiliki arti fantastik atu menakjubkan ternyata masih ada yang bisa menyaingi. Masih ada kata yang lebih panjang dari itu

“Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosi”s yang merupakan kata terpanjang yang ada dalam bahasa inggris. Sekaligus kata terpanjang yang ada dalam bahasa di dunia. Bagaimana, apakah Anda bisa menyebutkannya?

keunikan bahasa inggrisKalimat Terpendek yang Sering Digunakan

Jika di atas telah dibahas kata terpanjang yang ada dalam bahasa inggris, maka berikutnya adalah kalimat lengkap dalam bahasa Inggris terpendek.

Apalagi kalau bukan I am yang artinya saya. I am sudah bisa dikatakan kalimat yang lengkap karena di dalamnya sudah berisi subjet + verb.

Punya ‘Ghost Word’

Coba tebak apa arti dari ‘ghost word’? Ya, kata hantu. Hal ini ada dalam bahasa inggris. Ghost word bukan ada karena menyeramkan atau mengandung makna horror, tapi karena adanya kata yang salah.

Yang di maksud dari ghost word adalah dord. Dord yang selama lebih dari 10 tahun ada dalam New International Dictionary of G. C. Merriam Company edisi kedua adalah salah ketik dari d or d yang kemudian diketik menajdi dord. D or d dimaksudkan sebagai density.

PANGRAM dalmn Bahasa Inggris

Sudah kah Anda mendengar tentang Pangram sebelumnya? Fakta unik bahasa inggris adalah pangram yang merupakan satu kalimat yang terdiri dari 26 huruf alfabet.

Menjadi bahasa yang berkembang tiap dua jam

Anda mungkin merasa sudah mempelajari bahasa inggris sejak lama, sehingga banyak kosa kata yang sudah dihafalkan dan diketahui maknanya.

Namun, jangan merasa puas dulu. Pasalnya, setiap dua jam ada penambahan kata bahasa inggris yang dimasukkan dalam kamus.

Jika dihitung, dalam satu tahun ada 4000 kata baru yang perlu Anda pelajari dan tambahkan dalam ingatan!

I menjadi kata terpendek dan tertua dalam Bahasa Inggris

We, two, dan three mungkin adalah kata dengan bahasa inggris tertua yang pernah ada. Namun, ketiga kalimat tersebut bukan lah kalimat tertua dan terpendek dan paling sering diucapkan oleh orang dalam bahasa inggris, apalagi dalam percakapan.

Menjadi bahasa Langit

Bahasa inggris memang menjadi bahasa wajib dikuasai sampai detik ini. Namun, bukan itu hal yang membuat kenapa bahasa inggris di sebut bahasa langit. Melainkan karena sampai detik ini, hanya bahasa inggris lah yang boleh digunakan oleh pilot dalam berkomunikasi saat di langit. Dari mana pun asalnya, bahasa inggris lah yang wajib digunakan.

keunikan bahasa inggris
Pilot Clipart Black And White – Clipground throughout Pilot Clipart Black And White – Letters Example

Pronunciation yang berarti pengucapan, tapi menjadi kata yang paling sering salah saat diucapkan

Pronunciation atau yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai cara pengucapan, justru menjadi kata yang paling sering salah pengucapannya. Selain itu, adanya kesalahan tulis seperti pronounciation juga umum terjadi.

Padahal yang benar adalah Pronounce adalah kata kerja yang artinya mengucapkan suatu kata dan menjadi salah ketika orang menafsirkannya menjadi kata pronoun yang berarti kata ganti.

Nah, itu lah tadi keunikan bahasa inggris. Masih banyak keunikan bahasa di website ini, misalnya keunikan bahasa Jawa, dll.

Mana diantara ke delapan hal di atas yang baru diketahui setelah Anda membaca ulasan tersebut?

Nah, semoga selain bisa menghibur bisa menambah pengetahuan Anda juga.

You might also like